0

Microsoft Word

Materi Microsoft Word




 1.      PENGERTIAN MICROSOFT WORD

          Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIXOS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

    2.      FUNGSI MICROSOFT WORD

          Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam  MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD.

3.                          3. CARA MENGAKTIFKAN MICROSOFT WORD

1.             Pilih dan Klik tombol Start
2.             Pilih menu program
3.             Kemudian, pilih dan klik program Microsoft Word
4.             Tunggu sampai jendela program aplikasi Word ditampilkan

4.                        4. FASILITAS MICROSOFT WORD

1.                  1. Ikon Kontrol Menu (Control Menu Ikon)
Digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif. Letaknya dipojok kiri paling atas sebelah baris judul.

2.                  2. Baris Judul (Title Bar)
Adalah informasi berisi nama file dan nama program yang aktif atau sedang dikerjakan dalam Microsoft Word.

3.                  3. Tombol Ukuran (Sizzing Button)
Digunakan untuk menentukan besar tampilan layar jendela word. Letaknya disebelah ujung kanan pada baris judul. Macam-macam tombol ukuran :

a.       Minimize Button               : Untuk memperkecil ukuran jendela word
b.       Maximize Button             : Untuk memperbesar ukuran jendela word
c.       Restore Button                  :Untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula
d.       Close/Exit Button            : Untuk menutup jendela dan mengakhiri program word

4.                  4. Baris Toolbar (Tool bar)
          Adalah kumpulan perintah dalam bentuk ikon-ikon yang berisi tool atau alat untuk mempermudah menyelesaikan dokumen. Fungsi utama Toolbar adalah mempercepat akses kesejumlah perintah yang sering dipakai. Untuk menggunakan Toolbar, klik salah satu icon yang mewakili perintah yang kita inginkan. Bila ikon tampak tertekan ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan. Untuk menonaktifkannya, kita tinggal menekan ikon tersebut sekali lagi. Secara default, toolbar di Ms. Word ada dua yaitu Toolbar Standar dan Formating.
a.       Toolbar Standar

Berisikan beberapa ikon untuk mengerjakan operasi standar, seperti menyimpan, membuka, mencetak dokumen, dan sebagainya. Biasanya, akan lebih cepat dengan mengklik sebuah tombol pada toolbar dari pada memilih perintah pada suatu menu. Toolbar Standar dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan mengklik View > Toolbar > Standar.
b.      Toolbar Formating

Berisikan ikon untuk mem-format obyek-obyek pada dokumen. Obyek tersebut bisa berupa gambar, tabel, atau text dan sebagainya. Toolbar formatting bisa juga digunakan untuk memilih berbagai jenis huruf dan ukurannya. Toolbar formatting dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan memilih View ð Toolbar ð Formating.
5.                  5. Rullers
Adalah mistar tabulasi yang terdapat pada bagian atas atau samping kiri dokumen. Mistar atau ruler ini berguna sebagai indikator lebar dan tinggi halaman dokumen berikut margin-nya. Untuk` Ruler horizontal, berfungsi juga sebagai alat pengaturan tabulasi dan indentasi. Ruler ini bisa ditampilkan dan juga bisa dihilangkan. Caranya, Klik View + Ruler.
6.                  6. Area Pengetikan
Adalah tempat kita untuk mengetik atu mambuat dokumen. Kita dapat memulai mengetik teks pada posisi keberadaan kursor, dan setelah itu kursor secara otomatis bergerak ke arah kanan dengan jarak satu karakter.

7.                  7. Kursor
Berbentuk garis vertikal yang berkedip-kedip. Setiap karakter yang kita ketik akan muncul pada posisi kursor ini.


Panah atas                  : Memindahkan satu baris ke atas

Panah bawah              : Memindahkan satu baris ke bawah

Panah kiri                   : Memindahkan satu karakter ke kiri

Panah kanan               : Memindahkan satu karakter ke kanan

Home                          : Memindahkan ke awal baris pengetikan

End                              : Memindahkan ke akhir baris pengetikan

Ctrl+Home                  : Memindahkan ke awal dokumen

Ctrl+End                     : Memindahkan ke akhir dokumen

Ctrl+panah atas           : Memindahkan ke awal paragraf sebelumnya

Ctrl+panah bawah       : Memindahkan ke awal paragraf selanjutnya

Ctrl+panah kiri            : Memindahkan ke awal kata sebelumnya

Ctrl+panah kanan        : Memindahkan ke awal kata berikutnya

8.                  8. Task Pane
Merupakan jendela yang ditampilkan di sebelah kanan dokumen dan membantu ketika mengedit dokumen.Jendela task pane akan ditampilann secara otomatisn sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan.
9.                  9. Scroll Bar
Adalah papan navigasi untu menggulung layar dokumen, baik secara vertikal maupun horizontal. Bisa juga menggeser lembar dokumen ke kekiri atau ke kanan . Scroll bar yang digunakan untuk menggulung secara vertikal dikenal dengan nama Vertical Scroll bar dan untuk menggeser ke kiri atau ke kanan, disebut Horizontal Scrool bar. Cara menampilkan atau menyembunyikan Scrool Bar, Klik Tools ð Option ð View ð Beri tanda centang pada Horizontal Scroll bar ataupun Vertical Scroll bar ð Klik OK .
10.             10. Office Assistant
Merupakan ikon untuk menampilkan menu batuan (help) dari suatu program aplikasi. Biasanya ditampilkan dalam bentuk gambar animasi yang menarik

Untuk mengubah tampilan Office Asistant, ikuti langkah-langkah berikut :
a.              Posisikan pointer mouse pada gambar office asisten, lalu kili kanan 1x
b.             Pada kotak percakapan office asisten, pilih dan klik tombol option
c.              Muncul tampilan kotak dialog office asisten
d.             Klik tab Gallery
e.              Untuk memilih bentuk tampilan Office Assisant, klik tombol perintah Next atau back
f.              Klik OK jika tampilan sudah sesuai dengan keinginan kita.
11.              11. Tampilan Pilihan Layar (Tombol View)
Digunakan untuk mengubah tampilan jendela dokumen dengan cepat (Normal, Web Layout, Print Layout, Outline, atau Reading).
12.              12. Status Bar
Adalah baris informasi pada posisi paling bawah dokumen. Status bar ini memberikan informasi mengenai jumlah halaman, halaman yang aktif dan sebagainya.

5 5. FUNGSI CONTROL PADA KEYBOARD

1.                 1.         CTRL + A Memblok seluruh teks pada dokumen
2.                 2.         CTRL + B Mempertebal tulisan
3.                 3.         CTRL + C Meng-copy atau menyalin teks pada dokumen
4.                 4.         CTRL + D Mengubah huruf,mengganti size
5.                 5.         CTRL + E Perataan tengah pada teks dalam paragraf
6.                 6.         CTRL + F Mencari kata/kalimat
7.                 7.         CTRL + G Memunculkan find and replace untuk mencari halaman
8.                 8.         CTRL + H Memindahkan,menggantikan
9.                 9.         CTRL + I Memiringkan kata/tulisan
10.           10.       CTRL + J Perataan di kiri dan kanan secara cepat
11.           11.       CTRL + K Menyisipkan hyperlink
12.           12.       CTRL + L Perataan kiri pada teks dalam paragraf
13.           13.       CTRL + M Membuat indentasi kiri
14.           14.       CTRL + N Membuat dokumen baru
15.           15.       CTRL + O Membuka file/dokumen
16.           16.       CTRL + P Membuka kotak dialog printer secara cepat
17.           17.       CTRL + Q Memberi spasi 1 dan merata kirikan 1 paragraf
18.           18.       CTRL + R Perataan kanan pada teks dalam paragraf
19.           19.       CTRL + S Menyimpan dokumen secara cepat
20.              CTRL + T Membuat indentasi kanan secara cepat
21.              CTRL + U Menggaris bawahi/underline
22.              CTRL + V Menempatkan kembali dokumen yang telah dipotong/di-copy
23.              CTRL +W Menutup jendala dokumen
24.              CTRL + X Memotong teks pada dokumen
25.              CTRL + Y Mengembalikan perintah yang telah dibutuhkan
26.              CTRL + Z Membatalkan/mengembalikan teks yang telah terhapus
27.               F1 Menampilkan bantuan jika mengalami kesulitan
28.              CTRL + 1 Spasi 1
29.              CTRL + 2 Spasi 2
30.              CTRL + 5 Spasi 1,5
31.              CTRL + J Memperbesar huruf
32.              CTRL + L Memperkecil huruf
33.              F12 Save as/menyimpan dokumen
34.              ALT + F4 Keluar dari microsoft word secara cepat
35.              CTRL+ALT+F Mengganti huruf
36.              CTRL+SHIFT+P Mengganti ukuran huruf
37.              ALT+CTRL+F Memberi footnote
38.              SHIFT + F3 Mengganti huruf kecil menjadi huruf besar
39.              ALT+CTRL+D Menyisipkan endnote pada dokumen
40.              CTRL + SHIFT Menampilkan format simbol yang tersembunyi
41.              ALT +PRT SC Meng-copy print out (paste) ke Ms. Word

6
66.  FUNGSI TOMBOL PADA KEYBOARD

1.                  ESC Membatalkan/keluar dari suatu perintah/menu
2.                  TAB Memindahkan kursor 1 tabulasi ke kanan
3.                  CAPS LOCK Lampu menyala jadi huruf besar/tidak menyala jadi huruf kecil
4.                  ALT & CTRL Membantu mengoperasikan/menjalankan perintah program
5.                  DELETE Menghapus 1 karakter pada posisi kursor
6.                  ENTER Berpindah ke baris baru/mengakhiri sebuah paragraf
7.                  INSERT Menyisipkan karakter
8.                  HOME Memindahkan kursor ke posisi paling kiri suatu baris
9.                  PAGE UP Menggulung layar monitor ke atas seukuran tampilan pada monitor
10.              PAGE DOWN Menggulung layar monitor ke bawah seukuran tampilan pd monitor
11.              END Memindahkan kursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
12.              FUNGSI F1-F2 Memanggil menu/menjalankan perintah yang sudah di program
13.              BACK SPACE Menghapus 1 karakter di sebelah kiri kursor



CONTOH DOKUMEN MICROSOFT WORD

1. Membuat Surat-menyurat
2. Membuat Laporan
3. Membuat Dokumen
4. Membuat Dokumen dengan ebrbagai variasi
5. Menambahkan gambar pada dokumen
6. Membuat tabel




Cara Membuat Proposal dan Contoh untuk Kegiatan Acara


Bagian-bagian yang Terdapat Pada Proposal Kegiatan


1.   Judul Proposal

Buatlah judul proposal yang menarik sehingga para pihak yang terkait bisa tertarik untuk menyumbangkan segenap dananya untuk kegiatan acara yang akan diselenggarakan. Namun, judul yang anda cantumkan pada proposal tetap harus sesuai dengan kegiatan acara tersebut.
2.   Pendahuluan
Pada bagian pendahuluan terdapat sub bab pendukung yaitu latar belakang kegiatan serta tujuan kegiatan. Latar belakang merupakan alasan dasar kenapa kegiatan tersebut perlu untuk diselenggarakan. Sedangkan tujuan kegiatan ialah hasil dari kegiatan acara yang diharapkan.
3.   Isi Proposal Kegiatan
Bagian terpenting dari proposal kegiatan yaitu berisi tema kegiatan, macam-macam kegiatan, peserta yang terlibat didalam acara, peralatan yang dibutuhkan, waktu dan tempat kegiatan, susunan acara, susunan kepanitian, anggaran perkiraan dana yang dibutuhkan selama berjalannya acara tersebut.
4.   Penutup
Seperti proposal pada umumnya, untuk proposal kegiatan juga ditambahkan bagian penutup yang berisi harapan serta dukungan yang diberikan kepada pihak terkait.

Tujuan Pembuatan Proposal

Setelah membaca beberapa pengertian proposal di atas, mungkin ada diantara Anda yang ingin mengetahui apa saja fungsi dari pembuatan suatu proposal. Apakah hanya untuk meminta bantuan atau izin saja? Tujuan dari penyusunan proposal akan sangat berkaitan dengan bidang yang dimaksud. Beberapa diantaranya adalah :

1.   Untuk menjelaskan secara tidak langsung terkait program kerja maupun rencana.
2.    Untuk dijadikan sebagai acuan dalam proses merancang suatu kegiatan.
3.  Untuk meyakinkan donatur maupun pihak pembaca yang akan menjadi sponsor maupun klien agar bersedia memberikan bantuan.
4.    Untuk mencapai tujuan seperti yang telah disepakati bersama.
Dijadikan sebagai acuan atas suatu kesepakatan awal.




0 comments:

Back to Top